Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 06 Januari 2010

CIRI PEMIMPIN SUKSES

Pemimpin tetapi gagal? Tidak susah rasanya kita menemukan yang demikian, dalam berbagai sektor. Betul tidak? Jika ya jawabannya, maka anda sepaham dengan saya.Maka itu penting sekali bagi seorang pemimpin (ingat, pemimpin bukan sekedar jabatan atau title formal yang disematkan didada kita!) untuk mengetahui kiat sukses dalam memimpin unit kerjanya, apakah dalam lingkungan kecil seperti seksi, atau divisi perusahaan, atau bahkan direktur dari perusahaan itu.Apa saja yang harus dimiliki, agar (paling tidak) pemimpin itu sukses dalam memimpin. Berikut ini sengaja saya summarykan setelah mendapat pelatihan beberapa waktu lalu.

1 Pemimpin itu harus mempunyai VISI.

Jika bicara masalah visi, maka tentunya jelas bagi kita, seorang pemimpin tanpa visi, sama halnya nahkoda yang mengendalikan perahunya ditengah lautan tanpa tahu dermaga mana tempat ia bersandar. Pasti bahaya! Maka itu, beruntunglah anda jika langsung sadar untuk mempunyai visi atas organisasi tempat anda berkarya saat ini.

2. Antisipatif terhadap Perubahan

Change or Die! Kalimat yang mungkin akrab ditelinga anda belakangan ini. Ya, jika pemimpin sendiri tidak mampu beradaptasi alias lebih baik diam dalam comfort zone yang dipunyainya, maka bagaimana dengan anak buahnya? Pasti berantakan! Maka itu, berubahlah anda dengan menjadi pemimpin yang mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada. Apalagi perubahan sekarang (teknologi informasi khususnya) terjadi demikian cepatnya. Siapa yang menguasai informasi, maka dialah yang berkuasa. Rasanya anda paham dengan idiom ini khan?

3. Tulus dalam melayani.

Makin diatas bukannya malah mendapatkan penghargaan dari yang dibawah? Memang dari sisi fisiknya akan nampak demikian. Namun jika kita cermati, banyak mereka yang sudah berada diatas (coba baca cerita orang-orang besar yang banyak didokumentasikan ditoko-toko buku) justru menunjukkan ketulusan mereka dalam melayani. Mereka justru lebih rendah hati, dari anak buah mereka yang mempunyai jabatan yang masih ’nanggung’. Siapa sih, anak buah yang tidak senang, jika pemimpinnya adalah seorang yang tulus dan rendah hati? Jika anda bertanya kepada saya dengan pertanyaan ini, niscaya saya akan mengacungkan telunjuk tanda setuju!

4. Speed!

Biar cepat asal selamat! Keterlambatan hanya akan membuahkan kekecewaan. Jika anda pernah mengirimkan paket keluar negeri, maka anda bisa mengikuti secara online kemana paket anda berada saat ini. Jika terlambat sesuai dengan yang dijanjikan, maka anda bisa langsung melakukan komplain atasnya. Bagaimana dengan pemimpin yang jelas kasat mata kita lihat perilakunya sehari-hari. Jika ia tidak cepat dalam bereaksi, mengambil keputusan, yang tersisa adalah kekecewaan dari anak buah anda, dan jelas, target unit kerja anda tidak bakalan tercapai dengan jalan berleha-leha seperti itu!

5. Be Focus!

Sinar matahari dikalahkan oleh sinar laser karena sinar laser lebih fokus! Jika anda mempunyai prioritas yang jelas, maka target atau sasaran yang ingin dicapai oleh unit kerja anda akan semakin jelas. Tapi lihatlah jika semua pekerjaan itu anda letakkan dalam prioritas utama. Jelas, anak buah anda akan kebingungan, mana yang menjadi target utama untuk diselesaikan.

Tidak ada komentar: